Langsung ke konten utama

PEMELIHARA MUSANG Vs PENCINTA MUSANG

PEMELIHARA MUSANG
Vs
 PENCINTA MUSANG

Pemelihara dan Pencinta Musang, apa menurut pendapat anda tentang kalimat tersebut…???

Izinkan saya mencoba mencurahkan isi dalam kepala saya terkait kalimat ini, agar kita sama sama merenung berada dimanakah kita selaku peran dalam komunitas atau perorangan dalam merawat dan menjaga kawan berbulu kita……

Pemelihara Musang :
Pemelihara memiliki kata dasar pelihara yang berarti menjaga, merawat.
Musang adalah nama dari suatu jenis hewan/binatang yang hidup.
Pemelihara Musang dapat diartikan orang yang menjaga dan merawat Musang.

Pencinta Musang :
Pecinta memiliki kata dasar cinta yang berarti suka sekali, sayang sekali, kasih sekali, ingin sekali.
Musang adalah nama dari suatu jenis hewan/binatang yang hidup.
Pencinta Musang dapat diartikan orang yang berarti suka sekali, sayang sekali, kasih sekali, ingin sekali terhadap Musang

PEMELIHARA MUSANG
Pemelihara Musang pada saat ini masih banyak yang berfikir existensis atau peluang atau memiliki motivasi tersendiri.
Mungkin teman teman berfikir apa yang saya maksud existensi/peluang/motivasi tersendiri….. mungkin ini sekedar pendapat penulis…….
-      - Existensi, bentuk ke exist terhadap sesuatu yang sedang ramai atau tranding topic (kalo kata kerennya sekarang mah). Tanpa berfikir untuk apa/bagaimana/diapakan, untuk memutuskan adopt kawan berbulu……yang terpikir hanya bentuk ke existensinya saja dan ikut-ikut keren……..dan akhirnya disaat keep kawan berbulu mengalami kesulitan bahkan sampai dengan menyebabkan kematian kawan berbulu….
-      - Peluang, banyak peluang yang dapat diambil dari memelihara hewan exotic ini…..salah satu peluangnya bisa digunakan sebagai modus disaat sosialisasi di tempat tempat keramaian, khususnya kaum adam…..hehehehhehe…..yang dikhawatirkan secara pribadi penulis adalah bila ada pemelihara musang yang berubah dan berfikir bahwa hal ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan lembaran lembaran Rupiah, menjual belikan musang kepada siapa saja tidak peduli apakah pembeli bisa dan dapat merawat dan menjaga kawan berbulu dengan baik, tidak berfikir asal musang darimana saja yang penting bisa dijadikan dan menghasilkan lembaran Rupiah yang akhirnya banyak orang yang berburu musang dialam liar tanpa memikirkan keberadaan dan kepunahan musang. Mendapatkan baby musang dialam liar dengan cara membunuh indukannya terlebih dahulu untuk mendapatkan baby musang dengan harapan lembaran yang didapat akan lebih banyak daripada musang dewasa……..sungguh memilukan akan kelakuan tersebut mudah-mudahan penulis dan pembaca tidak ada yang berfikir seperti itu……..
-      - Motivasi tersendiri, ada beberapa golongan memelihara musang dengan motivasi tersendiri, biasanya motivasi ini dimulai dari rasa ingin tahu dan mencari tahu…..dengan motivasi ini pemelihara akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga dan merawat sampai memikirkan untuk menernakan atau mengembang biakan, mensosialisasi dengan tujuan agar lebih banyak mengenal musang…..mungkin hal atau motivasi ini sudah mulai mencintai apa yang dipelihara……harapan penulis kepada pembaca secara keseluruhan agar pemelihara memiliki motivasi ini, menjaga, mengembang biakan dan mensosialisasikan agar lebih dikenal orang banyak bahwa MUSANG BUKANLAH HAMA……………

PENCINTA MUSANG
Pecinta Musang…..???? berdasarkan penjabaran arti kata pecinta yang didapat googling bertanya mbah google, penulis pun sendiri masih bias mengartikan PECINTA MUSANG, tapi penulis coba berusaha menjabarkan dan merangkai menjadi satu kesatuan yang mungkin dapat dimengerti dan dipahami………

-      - Belakangan ini banyak komunitas atau perorangan yang selalu menyuarakan sebagai pencinta musang, terus berusaha mempromosikan “Musang Bukanlah Hama…….” Tapi coba difikir lebih jauh lagi apakah semua itu telah benar disuarakan sebagai pencinta musang….????? Mohon maaf sebelumnya belakangan ini banyak yang mulai menanyakan apakah ini pencinta musang??? Menempatkan musang didalam kandang dan membatasi musang memberikan makan secukupnya atau sepuas puasnya tanpa memikirkan kesehatan dan kebutuhan lain yang dibutuhkan si Musang……..Lalu apa kabar musang yang dipelihara atas nama pencinta musang??? Hanya berfikir memenuhi hasrat pemilik seperti “Obes itu lucu…..”, “potong/pangur taringnya agar tidak melukai dan menjaga keamanan………”, mengajak jalan/bermain Musang disaat matahari panas terik (Musang Hewan Nocturnal bung!!!!)……….

-      -  “Musang Bukan Hama….” Mungkin maksud hati para pencinta musang menyuarakan ini agar tidak terjadi pembantaian di alam liar karena hama adalah perusak dan selalu merugikan…………. Coba pejamkan mata dan difikir kembali….membuktikan musang bukan hama, tetapi musang adalah hewan lucu dan exotic musang dapat dipelihara selayaknya hewan peliharaan lain yang sama mengemaskannya……. Coba dipikirkan lebih dalam mungkin bisa dikatakan sukses menyampaikan misi “Musang Bukan Hama” namun apa yang terjadi kedepannya????? Banyak masyarakat yang tertarik untuk memelihara musang karena keragaman, kelucuan dan exotis-an musang tidak sedikit orang yang tertarik untuk memelihara musang belakangan ini……..ini lah sebenarnya menurut penulis yang mudah mudahan sama dengan pembaca yaitu, belakangan ini banyak oknum oknum yang menfaatkan keboomingan hewan lucu ini….. Apakah anda sadari??? Coba anda searching di internet dengan kata kunci “jual beli Musang” dengan seketika anda mendapatkan penawaran untuk hewan lucu ini……..yang menjadi pertanyaan penulis “berasal dari mana musang yang di jual belikan????????????” tidak sedikit musang yang ditawarkan baru melek atau belum mandiri….. apakah itu hasil pengembang biakan atau didapat dari alam liar????

-     -  Kebanggaan hati pencinta/komunitas musang mengoleksi jenis jenis musang…..tapi tidak banyak  pencinta/komunitas musang yang berfikir untuk melakukan pengembang biakan musang……… tidak sedikit yang mengatas namakan pencinta musang yang hanya memelihara hanya satu dari setiap jenis bukan sepasang apakah ini pencinta yang hanya bertujua mengoleksi…….???

-      - Terus terang penulis masih berfikir apakah benar yang telah kita lakukan dengan mengatas namakan Pencinta Musang????

-      - Ada satu penggalan kalimat yang diambil dari lagu yang mungkin bisa mengingatkan kita “Mencintai bukan berarti memiliki…….” Mungkin tidak semua sependapat dengan sepenggalan kalimat ini, mungkin ada juga yang berfikir karena mencintai ingin selalu dekat, ingin menjaga dan merawat……karena pasti ada juga yang berfikir “kan kasian kalau di alam liar harus cari makan sendiri dan tidak terawat dengan baik, jadi lebih baik dirawat oleh kita MANUSIA…….”
Penulis memohon maaf sebesar besarnya bila penjabaran diatas tidak sesuai atau sepaham dengan ini semua, disini penulis bertujuan ingin menyampaikan pemikiran penulis untuk meninjau kembali visi dan misi kita sebagai pencinta musang….. ingin mengajak diri sendiri khususnya dan pencinta lain pada umumnya untuk menjaga dan merawat dengan baik lagi apa yang telah kita putuskan untuk merawat Musang dengan baik dan benar……. Selain itu penulis pun berharap dan mengajak untuk seluruh pencinta musang untuk mulai berfikir bersama sama untuk mengembang biakan Musang untuk lebih serius lagi, agar tidak terjadi pembantaian dan exploritasi dan penangkapan besar-besaran di alam liar untuk memenuhi permintaan pasaran yang ingin memelihara musang……..

“cinta yang berarti suka sekali, sayang sekali, kasih sekali, ingin sekali”.

Mudah mudahan artikel ini dapat mengingatkan seluruh pencinta musang dan mulai berfikir untuk melakukan pengembang biakan dan menjaga kelestarian musang agar tidak punah dikemudian hari dan dapat dilihat langsung oleh anak cucu kita dimasa depan………….

Teriakan dan lakukan “STOP HUNTING START BREEDING……….”

Salam wangi dan Hatur Nuhun……….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Tanda tanda Penyebab, dan Penanganan Musang Stress.

30 November 2016. Assalamualaikum Wr. Wb. Berdasarkan pengalaman penangganan dalam perawatan Musang sebagai hewan peliharaan banyak kendala yang dihadapai terutama masalah penangganan musang yang tiba tiba menjadi galak atau tidak mau makan.....sebagai pemilik/keeper/owner pasti kebinggungan bagaimana cara mengatasi dan menangganinya..... mudah mudahan artikel yang saya buat ini dapat membantu sedikit dalam mengatasi masalah stress pada musang.....narasumber yang saya ambil beberapa berdasarkan pengalaman sendiri dan diambil juga dari beberapa artikel pembahasan tentang musang. Beberapa Tanda tanda Penyebab, dan Penanganan Musang Stress. Pada umumnya seluruh mahluk hidup jikalau mengalami stress pasti akan ada perubahan prilaku dimana perubahan prilaku dapat diukur dari tingkat stressnya. Hal ini pun terjadi pada musang dimana sering kali musang menjadi galak secara tiba-tiba, mengeram/berbunyi, hissing, bahkan sampai menyerang dan menggigit siapa pun yang mendekat. Perub

BERAGAM JENIS MUSANG DAN KERABATNYA

BERAGAM JENIS MUSANG DAN KERABAT   MUSANG Musang   adalah nama umum bagi sekelompok   mamalia   pemangsa (bangsa karnivora ) dari   suku   Viverridae .   Hewan   ini kebanyakan merupakan hewan malam ( nokturnal ) dan pemanjat yang baik. Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah   musang luwak   ( Paradoxurus hermaphroditus ). Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan   di malam hari. JENIS JENIS MUSANG Ada banyak jenis musang. Beberapa contoh di antaranya: ·          Musang air   ( Cynogale bennettii ), di   ·          Musang rase   ( Viverricula malaccensis   sin.   Viverricula indica ) ·          Musang luwak   ( Paradoxurus hermaphroditus ) ·          Musang akar   ( Arctogalidia trivirgata ) ·          Musang Bulan   ( Paguma larvata ) ·          Tenggalung   ( Viverra tangalunga ) ·          Binturung   ( Arctictis binturong ) ·          Linsang   ( Prionodon linsang ) ·          Musang Sulawesi ( Macrogalidia mus

Obat untuk penanganan penyakit pada musang

Obat obatan dan takaran dosis untuk MUSANG dan mamalia lainya Oleh Ims Tink pada  24 Desember 2014 pukul 3:19 Narasumber : Wahyu Martien OBAT MENCRET & DIARE New Diatab : Membantu memperbaiki/mengeraskan Feses Neo Asta (Pectin & Kaolin) : Melapis dinding usus Buscopam 10 mg : Memperlambat gerak peristaltik usus Fenbendazole (Panacur / Safe-Guard) Obat yang ampuh untuk menyembuhkan kasus diare pada musang yang disebabkan oleh parasit (Giardia). Panacur aman digunakan untuk baby minimal umur 6 minggu. Dosis: 50mg/kg setiap hari terus menerus sampai dengan 3 hari. Untuk mengatasi Dehidrasi pada musang karena Diare Gunakan Oralit, Pocari Sweat, Pedialyte OBAT FLU Sakamycetin Sirup, Dosis baby : 2 x 0.5 cc (Selang 6-8 Jam), Dosis Dewasa : 2 x 1 cc (Selang 6-8 Jam) Intramycetin Sirup, Dosis baby : 2 x 0.5 cc (Selang 6-8 Jam), Dosis Dewasa : 2 x 1 cc (Selang 6-8 Jam) OBAT MUNTAH Vornipam Pepcid Ac (Farmotidine) Kedua Obat itu untuk mengurangi Asam Lambu