Langsung ke konten utama

Kenapa Musang




KENAPA SIH MEMILIH MUSANG……???


Banyak di antara kalian yang memilih anjing, kucing, burung bahkan ikan sebagai hewan peliharaan yang memang sudah lama menjadi peliharaan manusia. Tapi selain itu juga ada beberapa golongan yang berfikir anti mainstream, memelihara beberapa hewan peliharaan yang “nggak layak”, menjadikan hewan buas menjadi hewan peliharaan…….

Terdengar agak menyeramkan sih memang hewan liar yang buas menjadi hewan peliharaan, dikarena sudut pandang dan pola piker yang tidak dapat diterima pada umumnya dikarenakan ketidak wajaran dan resikonya….. tapi jangan salah sangka bahwa hewan liar itu tidak bisa bersahabat dan selalu buas………


Contohnya mamalia jenis MUSANG, orang pada umunya beranggapan musang adalah hewan liar yang buas dan menjadi hewan hama yang merugikan manusia, sehingga tidak layak menjadikan musang sebagai hewan peliharaan……..menurut kalian????

Sedikit informasi hasil iseng iseng searching dim bah google, ternyata musang di Indonesia sudah menjadi hewan peliharaan sejak jamannya kompeni noni belanda pada tahun 1937 bisa di cek dim bah goggle noni belanda berpose dengan musang pandan didepan istana Bogor…..

Musang sendiri punya berbagai sebutan berbeda di berbagai daerah, seperti careuh (Sunda), luwak (Jawa), serta common palm civet (bahasa Inggris). Musang biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, hutan dan perkebunan yang memproduksi banyak buah seperti pisang. Musang bersifat nokturnal, artinya mereka lebih aktif di malam hari. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa sih memilih musang sebagai hewan peliharaan? Inilah di antaranya..

1. Masalah perawatan, memelihara musang lebih hemat
Nggak seperti anjing, kucing atau hewan peliharaan lain yang tiap bulan harus ke salon buat grooming,perawatan, beli makanan tertentu, belum bulu anjing dan kucing yang sering rontok dan sebagainya., rata-rata mereka cuma ngabisin uang untuk membeli makan musang yang mudah di cari seperti pisang atau buah-buahan segar lainnya untuk memenuhi kebutuhan seratnya sedangkan untuk kebutuhan proteinnya bisa didapat dari susu atau kepala ayam (dianjurkan dimasak terlebih dahulu agar lebih steril). Untuk masalah kandang pun musang nggak ngabisin banyak uang dan tenaga karena biasanya sih pemelihara musang membebaskan musangnya berkeliaran di rumah (yang biasa di sebut freeroom) agar musang sendiri nggak stress dan lebih leluasa bergerak. Untuk vitaminnya pun mudah untuk didapat di warung warung atau di apotik terdekat, biasanya vitamin yang digunakan menggunakan vitamin untuk balita sedangkan untuk perawatan bulunya pun mudah asal dijaga kebersihan kandangnya dan musang dimandikan minimal 1x dalam seminggu (anjurannya sih 2x dalam seminggu) dengan menggunakan shapoo balita atau shampoo kucing/anjing……sangat simplekan, apakah anda penasaran ingin mencoba memelihara musang……???

2. Aroma bau pandan yang penuh sensasi
Yang khas dari musang bukan lain adalah baunya! Musang memiliki kelenjar bau dibawah duburnya yang mampu mengelurkan bau sejenis daun pandan yang berfungsi untuk menandai daerah teritorinya, nah itulah alasan kenapa jenis musang ini dinamakan musang pandan. Bahkan karena baunya yang wangi, teman teman pecinta musang memiliki salam khas antar pencinta, yaitu salam wangi. Musang aja wangi, masa kalian cuma wangi kalau punya pacar? Masa kalah ma musang…..Heheheheeh..


3. Makan apa aja, sikaat!
Pernah nggak sih kalian menjumpai musang yang makan nasi goreng atau nasi padang? Nggak pernah kan? Nah, Pada dasarnya musang adalah hewan omnivora atau pemakan segala tetapi makanan utama musang adalah buah-buahan walaupun ada beberapa jenis musang yang lebih dominan makan daging tapi alangkah baiknya jika diselingi beberapa buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan seratnya.
Makanan untuk musang ga perlu repot repot mudah di cari, sangking mudahnya didapur kita pun bisa di temukan untuk makanannya…..hehehehehee…..karena sebagian makanan yang diberikan oleh ownernya adalah makanan yang suka di makan oleh ownernya jadi bisa saling berbagi….hehehehe
Yang lebih unik untuk beberapa musang yang masih kecil atau musang baby, owner bisa memberi makan bubur bayi untuk musang yang masih kecil. Jangan salah lho, buburnya seperti yang ada di supermarket itu. Manfaatnya, sebagai pengganti ASI jika induk musang udah nggak ada, agar gizi mereka tercukupi. Memlihara musang seperti memiliki dan memelihara anak sendiri…..PENASARAN INGIN MENCOBA………???

4. Kopi luwak atau kopi musang?
Kalian pasti tau kopi luwak yang terkenal di seluruh dunia kan? Bagi yang selama ini tahunya hanya kopi luwak yang sebatas merk kopi, kamu harus baca artikel ini. Seperti yang tadi dijelasin, makanan utama musang adalah buah-buahan, salah satunya yaitu buah kopi.
Tapi bukan sembarang buah kopi loh, musang hanya memakan buah kopi yang benar-benar segar dan masak langsung dari pohonnnya. Karena pencernaan musang ini singkat dan sederhana, maka kotoran musang biasanya masih berbentuk biji dari buah yang dimakanya tadi. Nah biji itulah yang akan diproses menjadi kopi luwak, makanya jangan heran kalau harga kopi luwak memang mahal karena proses pembuatan dan rasanya yang sangat khas dan asli Indonesia! Be proud of ur country guys!


5. Musang suka ganggu ayam ternak?
Coba bayangin kalian lagi asik-asikan di rumah tau-tau ada yang dateng dan ngusir kalian seenaknya. Nah persis kaya gitu habitat musang yang lama kelamaan kegusur bangunan-bangunan “necis tapi egois!”.
Walaupun bukan hak musang untuk tinggal di pepohonan perkotaan. Namun musang tetap punya hak untuk hidup tentram dengan keluarga dan anak-anaknya kan? Kalau pepohonan ditebang, akhirnya musang terpaksa memburu ayam yang dipelihara manusia. Padahal kalau banyak pohon dan sumber makanan, nggak bakal kok musang ngurusin hidup manusia. Apalagi kalau kalian lihat musang diburu cuma diawetin buat pajangan. Miris…bagaimana ya kalo kalian melihat manusia yang di buru dan di jadikan pajangan……hmmmmm kebayang…….??!!
Bukannya lebih indah kalau yang jadi hiasan itu adalah pohon-pohon hijau dan rindang dan sepaket kehidupan dengan penghuni dan pengisi rindangnya pepohon pohon ???

6. Ramah dan setia
Ada yang mau nyari pasangan ramah dan setia? Musanglah jawabannya! Kalau bila sudah jinak, musang mempunyai sifat manja. Beberapa musang peliharaan di dalam KOMUNITAS MUSANG BOGOR (KOMBO), bahkan sampai bisa ngikutin pemiliknya ketika dia dilepas terus naik ke badannya dan duduk di pundak (yang biasa disebut bonding bahasa kerennya). Siapa sih yang nggak gemes ngeliat tingkah musang seperti itu??? Musang juga dapat dipegang dan diajak berinteraksi seperti anjing atau kucing, bahkan musang saat ini mulai jadi favorit untuk hewan peliharaan loh….. masih belum penasaran dengan keterangan yang sudah di tulis ???? Silakan mencoba…….
Kalo kata om TUKUL, “don`t judge the books by the cover….” Begitu juga untuk hewan yang satu ini jangan melihat dari penampilan yang agak sangar dan sorotan matanya yang tajam, sebenarnya kalo kalian tau musang adalah hewan yang bersahabat dan lucu yang bisa menjadi teman kita bermain….. Selain ramah ke pemiliknya, musang juga ramah ke semua orang. dapat dibuktikan silakan kunjungi acara gathering kami KOMUNITAS MUSANG BOGOR yang diadakan pada hari minggu di taman EKSPRESI atau taman HEULANG BOGOR…..selain itu acara gath ini juga sebagai sarana sosialisasi, sharing dan silaturahmi pencinta MUSANG. Komunitas ini terbuka buat siapa aja tanpa ada batasan umur, social, pendidikan, genre, dll yang penting suka dan cinta akan musang dan yang ingin kenal musang secara lebih dekat…...

Sekedar ngingetin dan sedikit tips buat kalian yang tertarik untuk punya hewan peiharaan baik musang atau hewan lain, jangan pernah pelihara hewan hanya karena mereka lagi trend atau ngehits, tapi nol tentang pengetahuan akan hewan itu sendiri.

Sebelum pelihara hewan, coba deh buat cari info atau gabung dengan komunitas yang udah ada kemudian disesuaikan dengan waktu, dana, dan komitmen kamu. Karena kalian butuh komitmen untuk merawat dan menjaga dia selama hidupnya…………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Tanda tanda Penyebab, dan Penanganan Musang Stress.

30 November 2016. Assalamualaikum Wr. Wb. Berdasarkan pengalaman penangganan dalam perawatan Musang sebagai hewan peliharaan banyak kendala yang dihadapai terutama masalah penangganan musang yang tiba tiba menjadi galak atau tidak mau makan.....sebagai pemilik/keeper/owner pasti kebinggungan bagaimana cara mengatasi dan menangganinya..... mudah mudahan artikel yang saya buat ini dapat membantu sedikit dalam mengatasi masalah stress pada musang.....narasumber yang saya ambil beberapa berdasarkan pengalaman sendiri dan diambil juga dari beberapa artikel pembahasan tentang musang. Beberapa Tanda tanda Penyebab, dan Penanganan Musang Stress. Pada umumnya seluruh mahluk hidup jikalau mengalami stress pasti akan ada perubahan prilaku dimana perubahan prilaku dapat diukur dari tingkat stressnya. Hal ini pun terjadi pada musang dimana sering kali musang menjadi galak secara tiba-tiba, mengeram/berbunyi, hissing, bahkan sampai menyerang dan menggigit siapa pun yang mendekat. Perub

BERAGAM JENIS MUSANG DAN KERABATNYA

BERAGAM JENIS MUSANG DAN KERABAT   MUSANG Musang   adalah nama umum bagi sekelompok   mamalia   pemangsa (bangsa karnivora ) dari   suku   Viverridae .   Hewan   ini kebanyakan merupakan hewan malam ( nokturnal ) dan pemanjat yang baik. Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah   musang luwak   ( Paradoxurus hermaphroditus ). Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan   di malam hari. JENIS JENIS MUSANG Ada banyak jenis musang. Beberapa contoh di antaranya: ·          Musang air   ( Cynogale bennettii ), di   ·          Musang rase   ( Viverricula malaccensis   sin.   Viverricula indica ) ·          Musang luwak   ( Paradoxurus hermaphroditus ) ·          Musang akar   ( Arctogalidia trivirgata ) ·          Musang Bulan   ( Paguma larvata ) ·          Tenggalung   ( Viverra tangalunga ) ·          Binturung   ( Arctictis binturong ) ·          Linsang   ( Prionodon linsang ) ·          Musang Sulawesi ( Macrogalidia mus

Obat untuk penanganan penyakit pada musang

Obat obatan dan takaran dosis untuk MUSANG dan mamalia lainya Oleh Ims Tink pada  24 Desember 2014 pukul 3:19 Narasumber : Wahyu Martien OBAT MENCRET & DIARE New Diatab : Membantu memperbaiki/mengeraskan Feses Neo Asta (Pectin & Kaolin) : Melapis dinding usus Buscopam 10 mg : Memperlambat gerak peristaltik usus Fenbendazole (Panacur / Safe-Guard) Obat yang ampuh untuk menyembuhkan kasus diare pada musang yang disebabkan oleh parasit (Giardia). Panacur aman digunakan untuk baby minimal umur 6 minggu. Dosis: 50mg/kg setiap hari terus menerus sampai dengan 3 hari. Untuk mengatasi Dehidrasi pada musang karena Diare Gunakan Oralit, Pocari Sweat, Pedialyte OBAT FLU Sakamycetin Sirup, Dosis baby : 2 x 0.5 cc (Selang 6-8 Jam), Dosis Dewasa : 2 x 1 cc (Selang 6-8 Jam) Intramycetin Sirup, Dosis baby : 2 x 0.5 cc (Selang 6-8 Jam), Dosis Dewasa : 2 x 1 cc (Selang 6-8 Jam) OBAT MUNTAH Vornipam Pepcid Ac (Farmotidine) Kedua Obat itu untuk mengurangi Asam Lambu